Perspectives News

KPK RI: ‘Bali Jadi Potret Positif Upaya KPK Cegah Korupsi’

 

Pembukaan Rakor dengan 11 Pemda yang masuk dalam Wilayah V Korsup KPK di Auditorium Pemerintah Provinsi Bali, Kamis (2/5/2024).. (Foto: Humas Prov. Bali)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Capaian penilaian Monitoring Center for Prevention (MCP) tahun 2023 Pemerintah Daerah (Pemda) Bali menjadi potret positif upaya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menjalankan Sula Pencegahan.

Praktik baik itu juga diikuti pemerintah daerah lainnya untuk mewujudkan pemerintahan berintegritas.

Hal itu diungkapkan oleh Deputi Koordinasi dan Supervisi (Korsup), Didik Agung Widjanarko dalam pembukaan Rapat Koordinasi dengan 11 Pemda yang masuk dalam Wilayah V Korsup KPK, di Auditorium Pemerintah Provinsi Bali pada Kamis (2/5/2024).

“Seluruh Pemda yang hadir saat ini dapat mencontoh Bali dalam implementasi pencegahan korupsi pada sektor layanan publik. Dalam hal tersebut, KPK sangat siap untuk membantu melakukan perbaikan-perbaikan dalam rangka meningkatkan penilaian terhadap risiko korupsi di pemerintah daerah,” jelas Didik.

Wilayah V Korsup KPK mencakup 11 Pemda, yang terdiri dari; Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Papua, Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Barat, dan Papua Barat Daya.

Dalam penilaian MCP tahun 2023, Bali meraih nilai 94,4, diikuti NTB 80,39, Maluku 65,69, Papua 55,29, Papua Selatan 49,75, NTT 48,82, Papua Tengah 46,83, Maluku Utara 45,01, Papua Barat 40,38 Papua Pegunungan 32,72 dan Papua Barat Daya 32,16.

Komitmen pemberantasan korupsi dari aspek pencegahan yang dilakukan Pemda Bali, sebut Didik merupakan kunci mewujudkan pemerintahan berintegritas.

“Sehingga, kita dapat memperkuat sinergi dan kolaborasi. KPK sangat siap memfasilitasi semua itu, demi memberantas korupsi hingga ujung negeri,” ujar Didik.

Sementara itu, PJ Gubernur Bali SM Mahendra Jaya menyambut baik atas perolehan skor MCP Pemda Bali. Sebab, sebutnya, pencegahan korupsi sudah semestinya dijalankan bersamaan dengan langkah penindakan.

“Sebagai bentuk komitmen, Pemda Bali sangat setuju dan mendukung penuh kegiatan ini, sekaligus harapan kami pencegahan korupsi dapat ditingkatkan ke depannya,” jelas Mahendra Jaya.

Secara umum, upaya pencegahan korupsi dari 11 Pemda di wilayah V memperlihatkan kemajuan, khususnya di Pemda Papua; Papua Barat Daya; Papua Pegunungan; Papua Selatan; dan Papua Tengah. Hal tersebut berdampak pada kenaikan skor MCP dari kelima Pemda itu dibanding tahun sebelumnya.

Direktur Korsup Wilayah V, Budi Waluya menambahkan, Pemda tersebut menunjukkan komitmen dalam menjalankan rekomendasi pencegahan korupsi dari KPK.

Budi menerangkan, MCP tahun 2024 mengalami perubahan pada indikator dan subindikator yang terbagi menjadi 8 fokus area meliputi; perencanaan, penganggaran, pengadaan barang jasa, pelayanan publik, pengawasan APIP, Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD), dan Optimalisasi Pajak.

KPK menajamkan 2 fokus area yakni terkait Pengelolaan BMD serta Pengadaan Barang dan Jasa untuk MCP 2024.

“Terkait tata kelola BMD, kami melihat belum ada regulasi Pemda yang mengaturnya secara detail sehingga kami berharap Pemda dapat komitmen akan hal tersebut,” kata Budi.

KPK juga memberikan sejumlah penghargaan, diantaranya terkait Peningkatan Tertinggi Skor MCP Tahun 2023 dibandingkan Tahun 2022 untuk wilayah V.

Daftar penerima penghargaan Peningkatan Tertinggi Skor MCP 2023 dibandingkan 2022: Tingkat Provinsi: Provinsi Papua, Tingkat Kabupaten: Kabupaten Sumba Timur, Tingkat Kota: Kota Sorong.

Capaian Sertifikasi BMD, Terbanyak: Provinsi Bali dan Terluas: Kabupaten Karangasem sementara Capaian Penertiban PSU Terbanyak: Pemerintah Kota Denpasar.  (hum/zil)

 

Post a Comment

Previous Post Next Post