Perspectives News

Menteri Perindustrian RI Buka Kongres dan Seminar Teknik ke-11 AGII di Bali


Menteri Perindustrian RI, Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si. (baju putih) saat meninjau booth perusahaan gas industri pada Kongres dan Seminar Teknik ke-11 AGII, di Kuta, Selasa (7/5/2024). (Foto: perspectives)

BALI, PERSPECTIVESNEWS- Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si. membuka secara resmi rangkaian Kongres dan Seminar Teknik Asosiasi Gas Industri Indonesia (AGII) ke-11, di Kuta, Bali.

Menteri Perindustrian juga mengunjungi semua booth perusahaan gas industri dalam dan luar negeri yang mengikuti pameran selama digelarnya konferensi.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, James Waskito Sasongko, kongres dan seminar teknik diselenggarakan dalam rangka mendapatkan pembaruan wawasan yang berbeda, serta untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dalam memperkuat peran AGII di era baru dekarbonisasi dan energi terbarukan,” ujarnya dalam presscon, Selasa (7/5/2024).

“Dengan bimbingan dari Pemerintah Indonesia, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), dan Asosiasi Gas Industri Asia (AIGA), kita akan melihat prospek peran AGII secara lokal, serta peran kita di regional ke depannya,” tambahnya. 


(Dari kiri ke kanan): James Waskito Sasongko, Ketua Panpel Kongres & Seminar Teknik AGII ke-11, Phajar Hadywibowo, Ketua Umum AGII dan ⁠Afdal Marda selaku Sekjen AGII, pada presscon, Selasa (7/5/2024).  (Foto: perspectives)

AGII tengah menyelenggarakan Kongres dan Seminar Teknik ke-11 pada Senin (6/5/2024) hingga Rabu (8/5/2024), di Sheraton Bali Kuta Resort.

Kongres mengusung tema “Dekarbonisasi & Energi Terbarukan - Peran Sektor Gas Industri dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045”. Hal ini menandai langkah dan peran AGII dalam mendukung keberlanjutan industri nasional menuju visi Indonesia Emas 2045.

Kongres dan Seminar Teknik ini dihadirkan sebagai platform bagi para pemimpin perusahaan gas industri untuk dapat berbagi gagasan, memperkuat kolaborasi industri, mendorong inovasi serta mengeksplorasi solusi teknologi terkini untuk mengatasi tantangan perubahan iklim global dan pelestarian lingkungan.

Sementara itu, Phajar Hadywibowo, Ketua Umum AGII mengatakan, “Kongres AGII ke-11 ini bertujuan memacu kolaborasi antar pemangku kepentingan yakni pemerintah, industri, dan akademisi dalam mendorong pengembangan teknologi dan kebijakan yang mendukung energi bersih dan berkelanjutan," ujarnya didampingi Sekjen AGII Afdal Marda.

Dalam kegiatan ini, selain serangkaian diskusi dan presentasi ilmiah, juga menghadirkan seminar teknik yang menyoroti praktik terbaik dalam industri gas serta demonstrasi teknologi terkini yang berkontribusi pada efisiensi dan keberlanjutan.

Menyusul perkembangan signifikan di sektor energi global, kongres ini diharapkan dapat membawa dampak positif yang luas bagi Indonesia, terutama dalam menjaga kemandirian energi dan memperkuat posisi negara dalam peta energi dunia.

Kongres dan seminar teknik ini diharapkan akan menjadi momentum penting dalam mengarahkan langkah-langkah strategis bagi pengembangan industri gas Indonesia menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Tentang AGII

AGII adalah organisasi nirlaba yang bertujuan memajukan industri gas Indonesia melalui kolaborasi antara pemerintah, industri, dan akademisi.

AGII berkomitmen untuk mempromosikan pengembangan energi bersih dan berkelanjutan, serta menjadi agen perubahan dalam industri gas Indonesia.  (lan)

Post a Comment

Previous Post Next Post