Pj. Ketua TP PKK Provinsi Bali Lantik Penjabat Ketua TP PKK Klungkung

 

Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. drg. Ida Mahendra Jaya berpose bersama seusai melantik Ny. Wiryani Jendrika sebagai Pj. Ketua PKK Kabupaten Klungkung, di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Sabtu (16/12/2023). (FOTO: Humas Provinsi)

 

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. drg. Ida Mahendra Jaya melantik Ny. Wiryani Jendrika sebagai Pj. Ketua PKK Kabupaten Klungkung, di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Sabtu (16/12/2023).

Wiryani Jendrika  menggantikan Ny. Sri Kasta yang sebelumnya menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua TP PKK Klungkung. Prosesi pelantikan ditandai dengan penandatanganan naskah pelantikan oleh Pj. Ketua TP PKK Klungkung dan Pj. Ketua TP PKK Provinsi Bali disaksikan Pj. Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika.

Dalam sambutannya, Ny. Ida Mahendra Jaya menyampaikan selamat kepada Ny. Wiryani Jendrika yang akan bertugas memimpin gerakan TP PKK Kabupaten Klungkung hingga pelantikan pejabat definitif. “Tugas untuk memimpin gerakan TP PKK di Klungkung mulai saat ini menjadi tanggung jawab ibu, saya yakin ibu mampu mengembannya,” ucapnya.

Ida Mahendra mengingatkan tentang posisi PKK sebagai mitra strategis pemerintah. Oleh sebab itu, ia berharap TP PKK Klungkung mampu melaksanakan program yang selaras dengan kebijakan pemerintah.

“Salah satu yang harus jadi perhatian kita adalah upaya meningkatkan pemahaman keluarga tentang pentingnya menjaga kesehatan,” tambahnya.

Sejalan dengan itu, kehadiran TP PKK mulai tingkat provinsi, kabupaten/kota hingga desa/kelurahan diharapkan mampu berkontribusi menyukseskan program pemerintah yaitu penuntasan angka kemiskinan ekstrem, pengentasan kemiskinan dan penurunan angka prevalensi stunting.

Pada bagian lain, Ida Mahendra menyinggung posisi strategis Ketua TP PKK. Bergerak atau tidaknya organisasi sangat tergantung pada sosok ketua. Untuk itu, Ny. Wiryani Jendrika yang baru dilantik sebagai Pj. Ketua TP PKK Klungkung diminta dapat membawa dan mengarahkan organisasi untuk melaksanakan program atau kegiatan unggulan sesuai potensi dan keunggulan daerah yang selaras dengan program provinsi dan pusat.

“Di sini sangat dibutuhkan sosok pemimpin yang mampu memetakan potensi dan keunggulan daerah untuk diselaraskan dalam kegiatan antar bidang atau antar pokja sehingga hasilnya dapat dirasakan masyarakat,” paparnya sembari minta dukungan Pj. Bupati Klungkung selaku pembina dalam kepengurusan TP PKK.

Ucapan selamat atas pelantikan Ny. Wiryani Jendrika sebagai Pj. Ketua PKK Klungkung juga disampaikan Pj. Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya. Dalam sambutannya, ia berharap PKK terus berperan dalam menyukseskan program pemerintah.

Ia berpendapat, PKK bisa menjadi garda depan dalam mensosialisasikan kegiatan pembangunan dan mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi dalam masyarakat.

“PKK mempunyai peran penting dalam pembangunan dengan berbagai inovasi dan kegiatan yang dilakukan lewat partisipasi dan pemberdayaan keluarga,” cetusnya.

Prosesi pelantikan juga diisi dengan penyerahan memori jabatan dari Plt. Ketua TP PKK Klungkung Ny. Sri Kasta kepada Pj. Ketua PKK Klungkung Ny. Wiryani Jendrika. Dalam acara itu, Pj. Ketua TP PKK Bali menyerahkan piagam penghargaan kepada Ketua TP PKK Klungkung periode 2013-2018 dan 2018-2023 Ny. Ayu Suwirta. (lan)

 

Post a Comment

Previous Post Next Post