Perspectives News

BKK untuk Bendesa Adat se Kota Denpasar Diserahkan Bersamaan Penutupan Bulan Bahasa Bali


Jaya Negara menyerahkan piala bagi juara lomba serangkaian UDG dan Bulan Bahasa Bali di Wantilan Pura Agung Lokanatha, Denpasar, Jumat (9/2/2024). (Foto: Humas Dps)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Gelaran Utsawa Dharma Gita (UDG) dan Bulan Bahasa Bali Kota Denpasar Tahun 2024 resmi ditutup dengan penyerahan piala, piagam dan hadiah bagi pemenang lomba oleh Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara di Wantilan Pura Agung Lokanatha, Denpasar, Jumat (9/2/2024).

Dalam kesempatan tersebut turut diserahkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada Bendesa Adat se-Kota Denpasar dengan nilai Rp. 50 juta dan Banjar Adat se-Kota Denpasar sebesar Rp. 10 juta.

Jaya Negara dalam kesempatan tersebut menjelaskan, Kota Denpasar sesuai dengan visi kota kreatif berbasis budaya menuju Denpasar Maju terus berupaya untuk mendukung pelestarian budaya dan sastra Bali. Hal ini sejalan dengan kegiatan UDG dan Bulan Bahasa Bali yang dilaksanakan kali ini.

Lebih lanjut dijelaskan, UDG dan Bulan Bahasa Bali merupakan wahana untuk melestarikan sastra Bali. Hal ini juga menjadi wahana pencarian bibit untuk persiapan kompetisi di jenjang berikutnya sehingga duta Kota Denpasar dapat memberikan yang terbaik dalam setiap perlombaan.

"Tentunya kegiatan ini sejalan dengan visi misi pembangunan Kota Denpasar, serta menjadi wahana pelestarian budaya dan sastra Bali, sehingga dapat menjadi ajang pembibitan untuk mempersiapkan wakil Denpasar di berbagai kompetisi," ujarnya.

Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara menjelaskan, Bulan Bahasa Bali tahun ini turut menghadirkan beragam perlombaan diantaranya lomba Bali Simbar, Nyurat Lontar, Pidarta, Debat Bahasa Bali. Demikian pula dengan pelaksanaan UDG, digelar berbagai lomba terkait.

"Tentunya melalui kedua kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang pembinaan, serta upaya berkelanjutan dalam melestarikan kesusteraan Bali yang adi luhung, sebagai bentuk penguatan dan pemajuan kebudayaan Bali," ujarnya.  (ags/humas)

Post a Comment

Previous Post Next Post