Perspectives News

Wawali Serahkan BKK kepada Sekaa Teruna Persiapkan Pelaksanaan Kesanga Fest 2024


Wawali Arya Wibawa saat menyerahkan BKK kepada ST dalam mempersiapkan pelaksanaan Kesanga Fest 2024, di Graha Sewaka Dharma, Denpasar, Sabtu (10/2/2024). 

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Wakil Wali (Wawali) Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa menyerahkan dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada Sekaa Teruna (ST) dalam persiapan pelaksanaan Kesanga Fest 2024, Sabtu (10/2/2024) di Graha Sewaka Dharma, Denpasar.

Sebanyak 160 ogoh-ogoh yang ada di empat kecamatan di Kota Denpasar siap bersaing dalam ajang Kesanga Festival Tahun 2024, yang diselenggarakan Pemkot Denpasar bersinergi dengan Pasikian Yowana Kota Denpasar. 

Kesanga Fest akan berlangsung dari 1-3 Maret di Lapangan Puputan Badung, I Gusti Ngurah Made Agung yang akan dimeriahkan ogoh-ogoh terbaik di tingkat kecamatan, lomba ogoh-ogoh mini, lomba sketsa ogoh-ogoh dan Baleganjur Ngarap.

Dalam kesempatan tersebut Wawali Arya Wibawa menyampaikan, ogoh-ogoh telah menjadi ajang adu kreativitas antar ST di Kota Denpasar, dan tahun ini ajang Kesanga Fest kembali digelar yang memberikan ruang dan kreativitas bagi mereka.

"Penyerahan BKK sebesar Rp. 10 juta kepada masing-masing ST menjadi cambuk untuk terus berkarya dalam seni tiga dimensi yakni ogoh-ogoh," ujar Arya Wibawa.

Lebih lanjut disampaikan, ke depannya Pemkot Denpasar akan terus memberikan ruang kreativitas ogoh-ogoh serta memberikan peningkatan dukungan kepada ST di Kota Denpasar.

Diharapkan, dalam mengisi agenda rangkaian Hari suci Nyepi Tahun Caka 1946 ini dengan kreativitas ogoh-ogoh dapat turut serta menjaga keaman dan ketertiban.

"Mari kita jaga persaudaraan, menjaga keamanan dan ketertiban dalam kegiatan ogoh-ogoh dan Kesanga Fest," ujarnya.

Sementara Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara menyampaikan, pelaksanaan Kesanga Fest tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya.

Sebanyak 360 ST mendapatkan BKK yang bertujuan membantu ST dalam pembuatan ogoh-ogoh. Total 12 ogoh-ogoh terbaik dari empat kecamatan akan berlomba kembali di tingkat kota.

"Penilaian lomba di tingkat kecamatan akan berlangsung dari tanggal 17-18 Pebruari mendatang, dan akan menentukan 3 ogoh-ogoh terbaik di masing-masing kecamatan," ujar Raka Purwantara.

Lebih lanjut dijelaskan, ogoh-ogoh terbaik di tingkat kecamatan akan mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp. 30 juta dan akan bersaing kembali dalam lomba di tingkat kota, yang akan berlangsung dari tanggal 1-3 Maret mendatang.

"Ogoh-ogoh tiga terbaik di masing-masing kecamatan untuk nantinya diparadekan di kawasan Catur Muka Denpasar, serta juga akan dimerihkan dengan berbagai lomba seperti yang disebut di atas,” tutupnya. (pur/humas)

Post a Comment

Previous Post Next Post