Perspectives News

Madura Curi Kemenangan dari Borneo di Leg 1 Championship Series

 

Hugo Gomes dari Madura United dijaga ketat Adam Alis dari Borneo FC saat kedua tim melakoni leg 1 Championship Series BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bangkalan Madura, Rabu (15/5/2024) malam yang berkesudahan 1-0 untuk Madura. (Foto: instagram)

BANGKALAN, PERSPECTIVESNEWS – Tuan rumah Madura United berhasil mencuri kemenangan atas tamunya Borneo FC 1-0 pada leg 1 Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bangkalan Rabu (15/5/2024) malam.

Gol semata wayang Laskar Sapeh Kerrab ke gawang Angga Saputro dicetak gelandang serang Hugo Gomes dos Santos Silva dari titik putih pada menit ke-77. Penalti diberikan wasit Thoriq Alkatiri setelah Taufany Muslihuddin melakukan pelanggaran terhadap Riski Afrisal di kotak terlarang.

Kemenangan tuan rumah atas Borneo FC meringankan tugas Madura United pada semifinal leg kedua yang akan dimainkan pada Minggu (19/5/2024) di markas Borneo FC Stadion Batakan Kota Balikpapan.

Di awal laga, Madura United yang di klasemen kompetisi reguler berada di peringkat empat, mengambil inisiatif serangan. Sedangkan Borneo FC selaku pemuncak klasemen agaknya masih beradaptasi dengan situasi.

Serangan yang dilancarkan Madura United acap kali membuat kiper Angga Saputro harus bekerja keras. Pertama saat Riyatno Abiyoso mendapat umpan terobosan dan upayanya dapat dihadang sang kiper. Kemudian saat Angga menangkap bola tembakan Francisco Rivera.

Abiyoso kembali mengancam sisi kiri pertahanan Borneo beberapa menit kemudian. Ia menerima bola bola dan menggiringnya, sebelum mengakhirinya dengan tembakan yang lagi-lagi dapat ditangkap Angga. Namun hingga jeda laga, skor masih imbang tanpa gol.

Di awal babak kedua, pelatih Borneo FC Peter Huistra memasukkan Wiljan Pluim dan Hendro Siswanto. Dengan masuknya kedua pemain itu, Borneo lebih berani melakukan tusukan ke jantung pertahanan Madura United. Dua peluang didapat mereka melalui sepakan Kei Hirose dan Terens Puhiri, namun masih melambung ke atas gawang Lucas Frigeri.

Pluim yang diandalkan Borneo FC melakukan gebrakan ke pertahanan Madura United, tidak dapat bermain lebih lama. Cedera mantan pemain PSM Makassar asal Belanda itu membuatnya harus digantikan oleh Taufany.

Borneo kemudian mendapat peluang bagus lain saat Felipe Cadenazzi mengirim umpan untuk diteruskan sepakan Adam Alis, tetapi peluang itu dapat dihentikan kiper Frigeri.

Bencana untuk Borneo FC terjadi pada menit ke-75. Melalui serangan balik yang dilakukan dari sektor kanan pertahanan Borneo FC, Riski Afrisal berlari kencang hingga memasuki kotak terlarang. Saat sudah tinggal berhadapan dengan kiper, tiba-tiba pemain Borneo FC Taufany Muslihuddin menarik Afrisal hingga jatuh, dan wasit pun menunjuk titik putih.

Hugo Gomes yang dipercaya sebagai algojo tak menyia-nyiakan peluang emas tersebut, tendangannya jatuh di sisi kiri kiper Angga Saputro, yang terlanjut menjatuhkan badan ke arah berlawanan. 1-0 Madura United unggul.

Setelah itu, tim tamu mencoba berburu gol penyeimbang, namun kokohnya lini pertahanan Madura United yang dikawal Koko Ari, Fachrudin, dan Cleberson membuat gempuran Borneo FC gagal membuahkan gol. (djo)

 

Post a Comment

Previous Post Next Post