Perspectives News

Wagub Cok Ace Apresiasi Krama Pande Desa Adat Antiga Bisa Laksanakan Upacara Yadnya

 

Wagub Cok Ace menghadiri karya Ngenteg Linggih lan Padudusan Agung, di Pura Pajenengan Pande, Desa Adat Antiga, Karangasem, Minggu (30/4/2023).  (Foto: Hum)

KARANGASEM, PERSPECTIVESNEWS- Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menghadiri serta memberikan Dharma Wacana pada karya Ngenteg Linggih lan Padudusan Agung, di Pura Pajenengan Pande, Banjar Lebah, Desa Adat Antiga, Manggis, Karangasem, Minggu (30/4/2023).

Wagub Bali atas nama Pemerintah Provinsi Bali menyampaikan apresiasi kepada Krama Pande di Desa Adat Antiga yang sudah bisa melaksanakan upacara yadnya, yadnya utamaning utama yang  diselenggarakan secara gotong royong, baik melalui urunan patus maupun sumbangan.

Wagub Cok Ace menambahkan, pelaksanaan yadnya pada siang hari ini juga merupakan wujud sembah bakti kita kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa serta membayar hutang kita kepada Catur Guru yaitu Guru Wisesa, Guru Rupaka, Guru Pengajian serta Guru Swadyaya.

Pelaksanaan yadnya puncaknya akan diselenggarakan pada tanggal 3 Mei mendatang juga merupakan implementasi dari Visi Pemerintah Provinsi Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru, yang berakar dari kearifan lokal Sat Kerthi yaitu Atma Kerthi, Wana Kerthi, Segara Kerthi, Jana Kerthi, Danu Kerthi dan Jagat Kethi.


Guru Besar ISI Denpasar ini mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi melestarikan alam, budaya dan manusia Bali bersama dengan pemerintah.

“Pemerintah membuat skema dan regulasi terkait pelestarian alam dan budaya, masyarakat berpartisipasi menjalankannya. Mari kita bersama-sama berbuat secara sekala dan niskala,” tuturnya.

Manggala Karya Made Taman melaporkan, upacara ini sudah dipersiapkan sejak lima tahun yang lalu namun terkendala pandemi Covid-19, sehingga upacara menjadi mundur dan baru bisa dilaksanakan Minggu.

Ditambahkan, pura ini disungsung oleh sekitar 350 KK warga Pande, dan pelaksanaan upacara ini berkat semangat gotong royong warga Pande.  (hum)

Post a Comment

Previous Post Next Post