Perspectives News

Hadirkan Karya Ogoh-ogoh Terbaik, Kasanga Festival Denpasar Resmi Dibuka


Wali Kota, Wawali dan Ketua DPRD Kota Denpasar menyalakan obor dalam karya inagurasi Bala Ngerebek saat pembukaan Festival Kota Denpasar Caka 1946 Tahun 2024 di Kawasan Catus Pata Catur Muka Denpasar, Jumat (1/3/2024). (Foto: Humas Dps)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Kasanga Festival Kota Denpasar Caka 1946 Tahun 2024 resmi dibuka di Kawasan Catus Pata Catur Muka Denpasar, Jumat (1/3/2024).

Pembukaan dilakukan Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Wali Kota Denpasar, I  Kadek Agus Arya Wibawa dan Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede dengan menyalakan obor dalam karya inagurasi Bala Ngerebek.

Usai pembukaan, rangkaian Kasanga Festival dilanjutkan dengan penampilan pawai 12 ogoh-ogoh yang merupakan perwakilan TK/PAUD se-Kota Denpasar.

Selain itu juga ditampilkan atraksi pawai 12 karya ogoh-ogoh terbaik Sekehe Teruna Teruni (STT) se-Kota Denpasar.

Pelaksanaan kegiatan yang merupakan kolaborasi antara Pemkot Denpasar dan Pasikian Yowana Kota Denpasar ini diharapkan mampu menjadi wahana kreatifitas tanpa batas Yowana Denpasar di bidang seni ogoh-ogoh.

Ketua Pasikian Yowana Kota Denpasar, AA Made Angga Harta Yana menjelaskan, Kesanga Festival yang tetap berpedoman pada spirit Vasudhaiva Khutumbakam ini mempertemukan beragam bidang.

Event ini juga turut menghadirkan lomba ogoh-ogoh mini yang diikuti oleh 38 peserta dan lomba sketsa ogoh-ogoh yang diikuti oleh 42 peserta dan berbagai lomba.

“Sesuai dengan ide besar Pak Wali Kota dan Wawali, melalui Kesanga Festival ini diharapkan mempertemukan serta menggabungkan beragam kreatifitas yang ada, yang tentunya berkaitan dengan Hari Suci Nyepi dengan tetap memegang teguh nilai-nilai kearifan lokal yang ada,” ujar Gung Angga.

Selain itu, kata Gung Angga, selama tiga hari pelaksanaanya, pengunjung juga akan dimanjakan dengan penampilan hiburan musik, mulai dari Jack Lempung, The Sine, Mr. Botax, Tika Pagraky, Kreot Klepet, XXX, Leyonk Sinatra, Bondres, Lolot dan Roket rockers.

“Mudah-mudahan dengan pelaksanaan Kasanga Festival ini, bisa menjadi tuntunan membuat ketentraman, sebagai sarana meningkatkan aktifitas dan kreatifitas, Guna, Gina, Pragina dan Guna Kaya,” ujar Jaya Negara

Sementara, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bintang Dharmawati Puspayoga turut memberikan apresiasi atas pelaksanaan Kasanga Fest ini.

“Dari dewasa hingga anak-anak turut dilibatkan, semoga kegiatan ini dapat memberikan ruang ekspreasi, wahana kolaborasi serta menjadi tempat bertemunya pelaku kreatif khususnya seniman ogoh-ogoh guna mendukung kelestarian seni dan budaya Bali yang adlihung,” ujarnya.  (ags/hum)

Post a Comment

Previous Post Next Post