IBTK 2024, Pj. Gubernur Mahendra Jaya Apresiasi PBMB Buka Posko Siaga 24 Jam


Pj. Gubernur Bali SM Mahendra Jaya foto bersama dengan PBMB yang membuka Posko Siaga Emergensi 24 jam selama upacara karya Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) tahun 2024, di Pura Agung Besakih, Sabtu (23/3/2024).  (Foto: Humas Prov. Bali)

KARANGASEM, PERSPECTIVESNEWS- Pj. Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya menyampaikan apresiasinya kepada Perkumpulan Bengkel Mobil Bali (PBMB) yang membuka Posko Siaga Emergensi 24 jam selama upacara karya Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) tahun 2024, di Pura Agung Besakih.

Pembukaan posko bertempat di areal Parkir Kedungdung, Besakih, Karangasem, Sabtu (23/3/2024).

“Saya mengapresiasi gagasan yang diinisiasi PBMB sebagai salah satu wujud nyata partisipasi masyarakat menyukseskan IBTK. Dilatari semangat ngayah, merupakan kearifan lokal yang tumbuh berkembang di kehidupan masyarakat Bali. Konsepnya, mereka yang berniat baik, tulus, ikhlas dan memiliki kesempatan dapat turut serta ngayah, karena kegiatan ini tidak mendapatkan imbalan secara material. Namun dengan ngayah, sama dengan telah menunaikan dua kewajiban yakni sosial dan agama,” tutur Pj Gubernur Bali ini.

Diharapkan kearifan lokal (ngayah) seperti ini terus lestari dan dilaksanakan. Begitu juga spirit ngayah dari PBMB dan ORARI yang bisa menginspirasi komponen masyarakat lainnya untuk bersama-sama ‘ngrombo’, ngayah membangun Bali.

“Saya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas partisipasinya mensukseskan pelaksanaan IBTK tahun 2024, semoga bisa dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan," ungkap Pj. Gubernur Bali.

Ketua Umum PBMB Jro Mangku Budiasa menyatakan siap menggelar kegiatan sosial tersebut sepanjang masih mendapat izin dan dukungan dari pemerintah.

"Kami juga sangat berharap untuk ke depannya kegiatan bakti sosial pelayanan siaga emergensi 24 jam oleh perkumpulan kami bisa berjalan rutin. Kami siap mendukung pelaksanaan IBTK dengan dasar ngayah dan ‘ngrombo’ sehingga IBTK bisa berlangsung sukses. Mohon dukungan juga dari pemerintah," ujarnya.

Ketua Panitia Baksos Posko Siaga, Putu Sumarajana menyampaikan, teknis penanganan apabila terjadi kendala terhadap kendaraan para pemedek, akan diambil alih oleh anggota penjagaan dengan sistem jadwal setiap hari ini sekitar 15 bengkel anggota PBMB.

"Anggota kami yang akan menjaga untuk kondisi emergensi selama 24 jam nonstop. Apabila terjadi masalah teknis, jika bisa langsung kami tangani maka akan ditangani ditempat. Namun jika tidak bisa diselesaikan di tempat, maka kita kondisikan dengan menderek membawa ke posko," ungkapnya.

IBTK digelar secara rutin tiap jatuhnya Purnama Kadasa, dan merupakan salah satu upacara terbesar bagi umat Hindu Bali. Pura Kahyangan Jagat Pura Agung Besakih menjadi pusat pemujaan bagi umat Hindu, khususnya masyarakat Bali.  (hum/yus)

Post a Comment

Previous Post Next Post