Perspectives News

Meski Terhenti di Babak 16 Besar BAC, Rinov/Pitha Lolos Olimpiade 2024

 

Ganda campuran Indonesia Rinov/Pitha lolos ke Olimpiade Paris 2024 meski di ajang BAC 2024 dikalahkan Seo Seung Jae/Chae Yu Jung dengan skor 18-21, 14-21, Kamis (11/4/2024). (Foto: PP PBSI)

JAKARTA, PERSPECTIVESNEWS – Bulutangkis Indonesia meloloskan lagi atletnya ke Olimpiade Paris 2024, kali ini dari nomor ganda campuran atas nama  Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari kendati pasangan ini terhenti di babak 16 besar Badminton Asia Championship (BAC) 2024.

Bertanding di Ningbo Olympic Sports Centre Gymnasium, Ningbo, China, Kamis (11/4/2024) Rinov/Pitha dihentikan oleh sang juara dunia dari Korsel, Seo Seung Jae/Chae Yu Jung dengan skor 18-21, 14-21.

BAC 2024 sendiri merupakan turnamen pengumpulan poin kualifikasi terakhir bagi atlet yang ingin berkompetisi di Olimpiade Paris 2024.

Dikutip dari PP PBSI, Rinov/Pitha memastikan tempat di panggung olahraga terbesar sedunia itu setelah poin mereka secara matematis masuk di 16 besar daftar Race to Paris.

Posisi juara Spain Masters 2024 itu pun semakin didukung dengan Hee Yong Kai Terry/Tan Wei Han Jessica (Singapura) dan pasangan Indonesia lainnya, Dejan Ferdiansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, yang juga tersingkir di babak yang sama di BAC 2024, hari ini.

Adapun Dejan/Gloria menelan kekalahan dari unggulan ketujuh asal Korea Selatan Kim Won Ho/Jeong Na Eun di babak kedua BAC 2024 dengan skor 18-21, 16-21.

Dengan kepastian dari Rinov/Pitha ini pula, maka bulutangkis Indonesia meloloskan enam wakil di lima sektor yang akan dipertandingkan pada musim panas ini.

Dari sektor tunggal putra, ada Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, lalu diikuti oleh Gregoria Mariska Tunjung di nomor tunggal putri.

Selanjutnya, ada peraih medali emas Olimpiade 2020 Tokyo Apriyani Rahayu yang kini berpasangan dengan Siti Fadia Silva Ramadhanti, yang menjadi wakil Indonesia pada sektor ganda putri.

Sementara, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi satu-satunya wakil Indonesia pada nomor ganda putra di Olimpiade mendatang menyusul kompatriotnya, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, yang menelan kekalahan di babak pertama BAC 2024.

Bagas/Fikri tidak bisa menemani Fajar/Rian karena poin mereka tidak berada di atas pasangan China Liu Yuchen/Ou Xuanyi, yang berada di peringkat delapan Race to Paris. (red)

Post a Comment

Previous Post Next Post